Hutan Pinus Mangunan, Fungsi Ganda Hutan

Wisata

Di era ini, tempat-tempat wisata terkenal melalui internet sudah menjadi hal biasa. Sejak beberapa tahun yang lalu, Instagram telah mampu membantu daerah dan tempat wisata yang lebih dikenal masyarakat. Lokasi wisata yang semula sepi bisa sibuk. Ketika tempat wisata sibuk, perekonomian pasti tinggi. Hal ini juga dirasakan oleh masyarakat Desa Mangunan, Yogyakarta, sejak pengakuan terhadap hutan pinus Mangunan. Hutan pinus dan kebun buah-buahan di desa Mangunan membuat Desa Mangunan terkenal sampai tempat wisata lainnya kemudian muncul.

Hutan Pinus Mangunan terletak di desa Muntuk, kabupaten Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, Friend Traveler langsung menuju ke Jalan Imogiri Timur. Terus lurus sampai Anda melihat pertigaan untuk pasar Imogiri dan kemudian belok kiri. Setelah sekitar. Menurut kantor kantor polisi Imogiri ada pertigaan yang, jika Friends Traveller sama, pergi ke makam raja-raja Imogiri, tetapi jika ia pergi ke arah yang benar, ia pergi ke Furusbos dan Kebun Mangunan. Ikuti jalan menuju pertigaan setelah Kantor Desa Mangunan dan terus lurus. Hutan Pinus Mangunan sekitar lima ratus meter.

Hebatnya, jalan yang mengarah ke Mangunan didominasi oleh tanjakan, keturunan dan juga belokan tajam, Friends Traveler, selalu berhati-hati. Belum lagi tempat-tempat yang juga peka terhadap longsor. Namun kondisi jalan sekarang sangat licin, sehingga tidak akan melukai kendaraan. Bagi Friends Traveler yang mengangkut kendaraan besar seperti bus, disarankan untuk melewati Patuk, Gunung Kidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *